BPIP: Selamat Hari Perawat Internasional, Perawat Pahlawan Kemanusiaan

  • Bagikan

TANGERANGRAYA.NET –   Hari Perawat Internasional diperingati setiap 12 Mei. Di tengah pandemi Covid-19 tahun 2020 ini, perayaan Hari Perawat Internasional bisa kita rayakan dengan kembali mengingat peran dari para perawat.

Peran perawat bagi dunia kesehatan tanah air sangatlah penting, terutama di tengah pandemi Covid-19 yang sedang melanda Indonesia. Para perawat rela tidak bertemu dengan keluarganya selama berhari-hari, untuk menjalankan tugas mulia merawat para pasien pengidap Covid-19.

Mereka rela memberikan waktu, jiwa dan raga untuk keselamatan manusia. Oleh karena itu, tidak berlebihan rasanya kita memberikan predikat Pahlawan Kemanusiaan kepada mereka. Dalam kondisi seperti sekarang ini, merekalah yang berada di garda terdepan memerangi krisis kesehatan yang melanda negeri kita.

Bangsa Indonesia berutang budi kepada para pelayan kesehatan itu. Bahkan ada dari mereka yang gugur dalam menjalankan tugas mulia ini. Mereka yang gugur patut disebut sebagai Pahlawan Kemanusiaan.

Para perawat juga merupakan contoh nyata sila kemanusiaan dalam Pancasila masih diimplementasikan. Mereka perduli kepada kemanusiaan, dan sudah pasti bertindak beradab tanpa memandang status sosial dari pasien yang dirawat di tengah pandemi Covid-19.

Ke depan, Negara Indonesia harus memberikan perhatian kepada kesejahteraan para perawat. Rasanya tidak berlebihan jika negara bisa memberikan penghargaan khusus bagi para perawat yang sudah melaksanakan tugas di garda terdepan melawan Covid-19.

Saatnya negara dan masyarakat bersatu padu dalam memperhatikan keselamatan para perawat. Alat Perlengkapan Diri (APD), wajib disediakan negara untuk para perawat dalam menjalankan tugas kemanusiaan yang suci dan mulia. Masyarakat mungkin diperkenankan untuk menyumbangkan APD kepada Para Pahlawan Kemanusiaan itu.

Semoga Peringatan Hari Perawat ini bisa dijadikan momentum bagi bangsa dan negara ini untuk memperdulikan kesejahteran para perawat.

  • Bagikan