KNPI Serpong Gelar Diskusi Dengan DLH Tangsel Soal Cipeucang, Kadis Toto Sampaikan Maaf

Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kecamatan Serpong mengadakan Diskusi, dengan tema “Dampak Longsornya Cipeucang”. Pada Selasa (9/6). Di Alua Kecamatan Serpong, Kota Tangerang Selatan.

TANGERANGRAYA.NET, TANGSEL – Jebolnya Turap Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipeucang, pada Jum’at 22 Mei 2020. Mengakibatkan ratusan ton sampah menutup ruas aliran Sungai Cisadane, selain menutupi sungai terbesar di Tangerang itu sampah juga menyebabkan bau tidak sedap dikawasan Serpong.

Atas kejadian tersebut, gelombang protes dari elemen masyarakat di Kota Tangerang Selatan tak bisa dihindarkan, membuat Dewan Pengurus Kecamatan (DPK) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kecamatan Serpong mengadakan Diskusi, dengan tema “Dampak Longsornya Cipeucang”. Pada Selasa (9/6). Di Alua Kecamatan Serpong, Kota Tangerang Selatan.

Sebelum diskusi dimulai, Kepala Dinas lingkungan Hidup Kota Tangsel. H Toto Sudarto M.Si hadir dan menyempatkan meminta maaf kepada KNPI Serpong akibat longsornya Cipeucang.

“Sebagai manusia yang tidak sempurna, saya pribadi meminta maaf atas musibah jebolnya TPA Cipucang”Ucap Toto.

Kegiatan Diskusi Pemuda dibuka langsung oleh Kepala Kecamatan Serpong, Dwi Suryani M.Si. Dalam sambutanya, Ia mengapresiasi langkah KNPI Serpong dalam merespon peristiwa yang terjadi akhir-akhir ini di Kawasan Serpong.

Sebagai Camat Serpong ia juga menambahkan, agar temen-temen KNPI Serpong ikut berperan aktif dalam persoalan sampah sesuai Peraturan Daerah (Perda) No 13 Tahun 2019, Pemanfaatan TPS3R.

Danang Prabowo Ketua KNPI Serpong mengatakan, pada prinsipnya sebagai pemuda harus memiliki peran dan kontribusi terhadap pembangun Kota Tangsel disegala bidang khususnya di Kecamatan Serpong.

Menurut Danang, penting bagi pemuda merespon setiap masalah – masalah yang ada ,selain kritis pemuda juga harus memberikan ide, gagasan, opsi atau solusi jika terjadi masalah.

Seperti pada saat ini pada masalah TPA Cipeucang, Pemuda harus berbuat, berkontrubusi, memberikan saran, ide dan solusi terhadap masalah yang ada.

“Pada Diskusi malam ini, KNPI Serpong akan merekomendasikan beberapa hal dan akan kita sampaikan melalui surat ke Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang Selatan dan Alhamdulillah beliau hadir dalam diskusi pada malam hari ini” Ucapnya.

Diskusi berlangsung lancar selama 120 menit, dengan menghadirkan tiga Narasumber “Kang” Muhammad Acep (Tokoh Masyarakat) dan Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Yepi Suherman, Saefudin Ketua DPD KNPI Tangsel turut juga menghadiri Organisasi Pecinta Alam Sekber Jeletreng.

Penulis : Heri