Kasus Jebolnya Sheet File TPA Cipeucang, Jupri TRUTH: TP4D Harus Ikut Dipertanyakan Kinerja Pengawasannya

TANGERANGRAYA.NET, TANGSEL – Tangerang Public Transparency Watch (TRUTH) meminta pertanggung jawaban Tim Pengawal, Pengaman Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D) kepada Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Tangerang Selatan (Tangsel) dalam proyek pembangunan Sheet File TPA Cipeucang.

Wakil Koordinator TRUTH Jupri Nugroho mengatakan jadi tidak ada salahnya juga pihak Kejari Tangsel memeriksa hasil kerja TP4D pada saat belum dibubarkan, karena pasti tau kenapa sheet file bisa jebol.

“Sheet file TPA Cipeucang saat itu masih dalam pengawasan TP4D. Nah, mari kita tanyakan bagaimana kerja TP4D pada saat pengawasan pembangunan sheet file,” kata Jupri, saat dikonfirmasi, Senin (15/6/2020).

ADVERTISEMENT

Jupri menambahkan, walupun (TP4D) telah resmi dibubarkan oleh Kejagung, namun, pertanggung jawaban secara lembaga masih ada.

BacaJuga

“Meski (TP4D) telah dibubarkan oleh Kejagung, namun pertanggung jawaban secara lembaga pasti masih ada. Pengawasannya kan sampai pembangunan sheet file hampir selesai, jadi seharusnya kita sebagai masyarakat dapat meminta hasil pengawasan,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, pengawasan TP4D pun menjadi sorotan Pengamat Kebijakan Publik dari Universitas Trisakti Trubus Rahadiansyah. Menurut Trubus, konstruksi bangunan yang didampingi TP4D seharusnya memiliki kualitas yang lebih baik.

“Proyek-proyek pemerintah yang mendapatkan pendampingan dari TP4D seharusnya memiliki kualitas yang lebih bagus. Lebih berkualitas, karena diawasi oleh penegak hukum langsung. Dengan jebolnya sheet file di Cipeucang, justru menimbulkan pertanyaan, bagaimana pendampingannya. Apalagi, proyek itu sheet file diketahui belum diserahterimakan,” kata Trubus saat dikonfirmasi wartawan.

Pendampingan TP4D diakui Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Yepi Suherman yang menyatakan pihaknya telah meminta pendampingan saat pembangunan Sheet File Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Cipeucang.

“Pada saat membangun Sheet Pile, karena anggarannya cukup besar, sehingga kami meminta pendampingan kepada TP4D. Ada dua proyek milik DLH Kota Tangsel yang kami minta pendampingan, yakni Proyek Taman Kota 1 BSD dan Pembangunan Sheet Pile TPA Cipeucang,” kata Yepi.

ADVERTISEMENT
ADVERTISEMENT

Berita Terkait