Setahun Kabinet Jokowi, Survei ASI: Mayoritas Publik Setuju Reshuffle Kabinet

TANGERANGRAYA.NET –  Lembaga Arus Survei Indonesia (ASI)  menggelar survei untuk menilai kinerja pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Maruf Amin jelang satu tahun masa periodenya. Seribu responden terlibat dalam survei tersebut dan mendapatkan beragam pertanyaan. Salah satu pertanyaan yang diajukan ialah terkait dengan perombakan kabinet Jokowi-Maruf Amin.

Hasilnya, sebanyak 67,4% (gabungan sangat puas + cukup puas) publik mengatakan puas dengan kinerja pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin. Sementara 25,3% (gabungan kurang puas + sangat tidak puas) mengatakan tidak puas. Sisanya 7,3% mengaku tidak tahu/tidak jawab.

“Secara umum publik mempersepsikan baik kinerja pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin mengingat angkanya di atas 50 persen,” ujar Direktur Eksekutif ASI, Ali Rif’an dalam rilis survei nasional yang digelar secara daring di Jakarta. Jum’at (19/6/2020).

ADVERTISEMENT

Survei tersebut juga merilis terkait kinerja Presiden Jokowi, dimana sebanyak 68,3% (gabungan sangat puas + cukup puas) publik mengatakan puas. Sementara 25,0% (gabungan kurang puas + sangat tidak puas) mengatakan tidak puas. Sisanya 6,7% mengaku tidak tahu/tidak jawab.

BacaJuga

Survei tersebut dilakukan pada 9 Juni hingga 12 Juni 2020, dengan melibatkan 1.000 responden yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia. 

Survei dilakukan dengan cara telesurvei, yakni responden diwawancara melalui kontak telepon menggunakan kuesioner. Metode pengambilan survei ialah Multistage Random Sampling.

Margin of error untuk survei ini kurang lebih 3,1 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

ADVERTISEMENT
ADVERTISEMENT

Berita Terkait