Bila Serius Usung Azizah, Pengamat: Dorong Segera Demokrat Koalisi Bersama PKS Di Pilkada Tangsel

  • Bagikan
Adi Prayitno

TANGERANGRAYA.NET, Tangsel – Pengamat UIN Syarif Hidayatullah Adi Prayitno menilai Bakal Calon Walikota Tangerang Selatan (Tangsel) Siti Nur Azizah membutuhkan Partai lain bukan hanya partai Demokrat, salah satunya Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang cocok diajak koalisi bersama.

“Dalam pilkada kecocokan itu didasarkan pada kalkulasi taktis elektoral. Partai Demorkat dan PKS cocok, karna saling padu dan saling membutuhkan,” ujar dia, saat diwawancara Tangerangraya.net, Selasa, (14/7/2020)

Adi jelaskan Siti Nur Azizah tidak bisa maju hanya dengan Partai Demokrat begitupun dengan Ruhamaben, kursi PKS tidak cukup untuk mengusung calon.

“Meskipun dalam Pilkada tak ada koalisi pasti. Hari ini lawan besok jadi teman, Itu perkara biasa, yang penting saling menguntungkan,” papar adi.

Ia menilai mengapa demikian Partai Demokrat dengan PKS cocok berkoalisi karena sama-sama punya orientasi ingin maju dalam perhelatan Pilkada Tangsel tahun ini.

“Walaupun koalisi Partai tak bisa dibaca linear, di berbagai daerah berbeda-beda tergantung kebutuhan. Di banyak tempat PKS dan Partai Demokrat bersaing tapi di tempat lain bisa berkoalisi,” menurutnya.

Dikatakan oleh Adi yang jelas Siti Nur Azizah butuh dukungan dari parpol lain untuk maju, kursi Demokrat tak cukup maju sendiri.

“Di sinilah pentingnya PKS bisa diajak koalisi. PKS salah satunya, karna PKS juga punya calon yang bisa diajak koalisi maju bersama,” tandasnya. (STW/RED)

  • Bagikan