Ziarah ke Makam Tb.Raden Wetan Muhammad Athif, Putri Wapres: Tangsel ini Kaya Sejarah Perjuangan

TANGERANGRAYA.NET, Tangsel – Bakal calon Walikota Tangerang Selatan (Tangsel) Siti Nur Azizah berkesempatan ziarah ke makam Tubagus Raden Wetan Muhammad Athif, atau yang lebih dikenal dengan panggilan Tb Atief, di daerah Keramat Tajug, Serpong.

“Tubagus Raden Wetan Muhammad Athif, ini merupakan anak ke-6 dari Sultan Ageng Tirtayasa,” ujar Azizah, kepada awak media, Jum’at, (28/8/2020).

Putri Wapres KH.Ma’ruf Amin ini mengatakan pada masa kolonial Belanda, banyak pejuang yang mempertahankan wilayah Benteng Selatan dan tidak sedikit gugur dalam pertempuran melawan Belanda, hingga daerah itu dikuasai penjajah, yang sekarang menjadi bagian dari Tangerang Selatan.

“Mendengar peristiwa itu, Sultan Ageng Tirtayasa, yang kala itu memimpin Kesultanan Banten, langsung mengutus putranya, Tb Athif untuk mempertahankan wilayah Benteng Selatan,” kata Azizah.

Azizah jelaskan selain untuk mempertahankan wilayah, Tb Athif pun ditugaskan sang Ayah untuk menyebarkan agama Islam di wilayah Cilenggang, Benteng Selatan, yang pada akhirnya menetap di Cilenggang setelah warga setempat memintanya untuk tetap tinggal di sini.

“Tb Athif akhirnya menikah dengan warga Cilenggang yaitu Siti Almiyah serta dikaruniai 4 orang anak. Bila silsilahnya diurut, ia juga memiliki garis keturunan Syarif Hidayatullah, putra dari Sultan Maulana Hasanudin,” papar Azizah.

Azizah menambahkan Kota Tangsel ini penuh dengan sejarah perjuangan melawan penjajah serta spirit penyebaran agama Islam yang luar biasa.

“Sudah sepatutnya kita menjaga Tangerang Selatan dengan sebaik-baiknya, sesuai dengan nilai-nilai luhur para pendahulu kita,” tandas Azizah. (STW)