Data Penerima Bansos Tidak Boleh Tumpang Tindih, Kadinsos Tangsel: Sudah Dikurangi Setengah

TANGERANGRAYA.NET, Tangsel   –  Kepala Dinas Sosial Tangsel Wahyunoto Lukman menyebutkan, data penerima Bantuan Sosial (Bansos) di kota pimpinan Airin Racmi Diany ini dikurangi setengahnya.

Lukman begitu biasa ia disapa menjelaskan bahwa bantuan tersebut berupa bantuan tunai dan pangan, yang akan di sebarkan melalui data terpadu kesejahteraan sosial.

“Total Februari itu terakhir masih 121 ribu, ini tinggal setengah, sisa nya 70 ribu yang akan mendapatkan Bansos tunai dari PT Pos, dan bantuan sosial reguler berupa Bansos pangan yang terdata dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS, red),” katanya, Rabu, (14/04/2021).

Lukman menerangkan pembersihan data penerima Bansos itu berdasarkan himbauan dari Kementerian Koordinator Pengembangan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) yang menjelaskan data bantuan tidak boleh tumpang tindih dengan bantuan dari sektor lain.

“Bantuan dari sektor lain yang dimaksud adalah bantuan prakerja, intensif bagi karyawan dibawah gaji 5 juta, lalu subsidi internet bagi guru dan peserta didik, subsidi listrik, dan bantuan Koperasi UMKM,” ungkapnya.

“Itu di padu padankan semua, jadi gak ada duplikasi lagi, yang sudah mendapat dari sektor lain gak bakal mendapat bansos,” tandasnya. (BJS/RED)