Alami Kenaikan Jelang Idul Adha, Ketua HPDKI Tangsel: Semoga Penjualan Meningkat Meski Pandemi

TANGERANGRAYA.NET, Tangsel   –    Menjelang hari Raya Idul Adha harga sapi maupun kambing di Kota Tangerang Selatan, Banten mulai mengalami kenaikan. Kenaikannya sekitar Rp300 ribu hingga Rp500 ribu untuk kambing.

Ketua Himpunan Peternak Domba Kambing Indonesia (HPDKI) wilayah kota Tangerang Selatan (Tangsel), Muksin Fachry mengatakan harga jual kambing di Tangsel kemungkinan mengalami kenaikan hingga 10%. 

“Selisih Kenaikan bisa 300 sampai 500 ribu untuk satu ekornya, ya mencapai sepuluh persen,” terangnya.

Muksin menjelaskan kenaikan harga kambing saat ini masih tergolong normal dikarenakan masyarakat sudah mengetahui manfaat dari hewan tersebut.

Muksin mengaku saat ini memang belum terjadi lonjakan jumlah pembeli.

“Sekarang H-20, memang penjualan hewan qurban biasanya baru mulai ramai pembelian pada H-7, kalau sekarang sekarang belum terlihat,”katanya saat di konfirmasi Tangerangraya.net senin (28/6/2021).

“Saya berharap penjualan hewan qurban khususnya kambing terus meningkat meski masih pandemi.” harapnya.

Muksin menjelaskan kenaikan harga kambing saat ini mengalami kenaikan dikarenakan masyarakat sudah mengetahui manfaat dari hewan tersebut.

“Faktornya karena ketersediaannya mungkin, lalu juga peminat sudah banyak, sekarang hobi makan kambing sudah Banyak, belum juga yang semangat untuk ber aqiqah meningkat, sehingga dengan kondisi itu kambing banyak di potong,” pungkasnya.

Muksin juga menerangkan untuk lebaran haji kemungkinan harga penjualan daging kambing mencapai 110-120 per kilogram.(BJS/RED)