Atasi Lonjakan Kasus, Asrama Haji Pondok Gede 99 Persen Sudah Siap Tampung Pasien Covid-19

TANGERANGRAYA.NET   –    Presiden Joko Widodo menyampaikan apresiasinya kepada seluruh pihak yang telah bekerja keras membantu pemerintah dalam melaksanakan konversi Asrama Haji menjadi rumah sakit bagi penanganan pasien Covid-19.

Apresiasi tersebut disampaikan Presiden Jokowi dalam pernyataannya saat meninjau Rumah Sakit Asrama Haji, Pondok Gede, Jakarta Timur, pada Jumat, 9 Juli 2021.

“Saya ingin menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Menteri Kesehatan, Menteri PUPR beserta seluruh jajarannya yang telah bekerja keras dalam waktu lima hari untuk menyiapkan Wisma Haji dikonversi menjadi rumah sakit,” ucap Presiden.

Kepastian itu disampaikan Jokowi setelah Wisma Haji itu berhasil dikonversi menjadi rumah sakit berfasilitas lengkap untuk merawat pasien infeksi Covid-19 dalam kurun waktu lima hari. 

“Saya tadi sudah cek di dalam, pergantian AC, pembangunan lift untuk para pasien semuanya dalam keadaan 99 persen siap,” kata Jokowi melalui keterangan pers virtual, Jumat (9/7/2021).

Sebelumnya Senin (5/7/2021), Presiden Jokowi meninjau langsung kesiapan Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, sebagai tempat isolasi dan perawatan bagi pasien Covid-19.

“Saya tadi sudah perintahkan agar dalam dua hari ini bisa diselesaikan sehingga nantinya hari Kamis (8/7/2021) kita harapkan sudah bisa dipakai dan dioperasikan,” kata Presiden Jokowi.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi didampingi Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas juga meninjau sejumlah fasilitas yang ada di RS Asrama Haji.

Menurutnya, fasilitas tersebut sudah siap untuk mendukung penanganan pasien Covid-19.

“Saya lihat semuanya dalam keadaan 99 persen siap, sehingga besok pagi Rumah Sakit Wisma Haji ini sudah bisa dioperasionalkan,” imbuhnya.

Presiden Jokowi juga kembali menyampaikan rasa terima kasihnya kepada para dokter, tenaga kesehatan, ASN, hingga TNI dan Polri, atas kerja kerasnya membantu pemerintah menangani pandemi Covid-19.

“Dokter, tenaga kesehatan, ASN, TNI dan Polri sudah bekerja keras pagi-siang-malam sejak bulan Maret 2020 yang lalu sampai saat ini, saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya,” ucap Presiden. (RED/RED)