PPKM Darurat di Anggap Sudah Efektif, Jumlah Pasien Mulai Menurun di Rumah Lawan Covid-19

TANGERANGRAYA.NET, Tangsel   –  Koordinator Rumah Lawan Covid-19 (RLC) Suhara Manullang mengakui saat ini sudah mulai ada penurunan untuk pasien di RLC.

Suhara mengatakan terkait Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat ada pengaruhnya untuk mobilisasi serta kerumunan masyarakat menjadi berkurang.

Dirinya mengakui sejak lonjakan arus mudik lebaran, RLC sangat meningkat untuk pasien Covid-19, namun kondisi saat ini sudah mulai menurun.

“Tapi kalau di RLC sendiri ada penurunan perhari yang masuk dan juga waiting list. Saya perhatikan perubahan cluster awal-awal tuh cluster keluarga betul-betul parah. Kalau sekarang per individu,” ujarnya.

Suhara menjelaskan mekanisme penyebab dari lonjakan covid-19 yaitu dari arus mudik lebaran, namun sampai saat ini ketersediaan kamar tidur RLC sekarang  sudah tidak penuh seperti halnya kemarin.

“Jadi kan dari awal sebelum lebaran mudik itu RLC kan naiknya 700 persen sampai 800. Kapasitas tempat tidur memang yang bisa ditempatin 290 itu full, tapi kalau sekarang sudah diangka 260 dan waiting list juga diawal 40an sekarang hanya 10,” ucapnya.

Suhara menerangkan guna mengantisipasi ketersediaan yang penuh, saat ini Rumah Lawan Covid-19 terdapat tenda untuk pasien sementara.

“Jadi kan tetap ini kita harus mengantisipasi, karena ada lonjakan jadi hilir ini penuh. Sekarang bagi yang bergejala sedang ada tempatnya, mengantisipasi itu makanya dibuat tenda transit namanya,” tutupnya. (BJS/RED)