Upaya Puskesmas Pondok Aren Sukseskan Vaksinasi COVID-19

TANGERANGRAYA.NET, Tangsel   –  Saat ini pemerintah sedang gencar-gencarnya melakukan vaksinasi bagi masyarakat terutama lansia dan penyelia publik. Vaksin dapat mencegah beberapa penyakit menular berbahaya. Ketika sebagian besar kelompok masyarakat rentan diberikan vaksinasi, maka penyebaran pathogen penyebab penyakit dapat dibatasi atau dihentikan. Hal ini disebut kekebalan kelompok atau herd immunity. 

Salah satu strategi penanggulangan COVID-19 adalah vaksinasi. Vaksinasi ini bertujuan untuk membentuk kekebalan Kelompok (Herd Immunity), menurunkan kesakitan dan kematian akibat COVID-19, melindungi dan memperkuat sistem kesehatan secara menyeluruh, dan menjaga produktifitas dan meminimalkan dampak sosial dan ekonomi. 

Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Pondok Aren sampai saat ini sudah telah menerima total 11.000 vaksin dari Dinas Kesehatan. 

Vaksin tersebut telah didistribusikan ke masyarakat dalam kurun waktu seminggu tiga kali.

Hal itu disampaikan oleh Kepala UPT Puskesmas Pondok Aren drg Rosmawati MM, saat di konfirmasi oleh Tangerangraya.net Rabu, (21/7/2021).

Rosmawati mengatakan agenda Vaksinisasi Puskesmas Pondok Aren dilakukan setiap 3 hari dalam seminggu yaitu Rabu, Kamis, dan Sabtu.

“Kita untuk hari sabtu itu targetnya 500 perharinya, kalau hari-hari biasa Rabu dan kamis itu 300,” ujarnya.

Rosmawati menerangkan dari program vaksinisasi di Puskesmas sejak bulan februari hingga sampai saat ini masyarakat yang sudah di vaksin kurang lebih ada 11.000.

“Jumlah orang yang sudah tervaksin, kurang lebih kemarin itu 11.000 dari 2 kelurahan, tapi yang kami laksanakan itu bukan hanya kelurahan kami doang, misalnya KTPnya di DKI atau dari mana, tapi dia domisili di pondok aren,” Terangnya.

Rosmawati menjelaskan pihaknya mendapatkan vaksin dari Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan, dengan pendistribusiannya 3 kali dalam seminggu.

“Distribusi vaksin dari Dinas Kesehatan, kadang 3 kali dalam seminggu, sekali ngambil itu bisa 50 sampai dengan 100,” jelasnya.

Sementara itu Puskesmas Pondok Aren Tangsel selain melaksanakan Vaksinasi juga menggelar program swab antigen massal untuk RT/RW. Pihak puskesmas sendiri telah melakukan swab antigen kepada 118 pengunjung dari target 200.

Rosmawati juga mengatakan program Swab Antigen massal yang dilakukan di wilayah RT/RW, berdasarkan zona wilayah yang mempunyai resiko tinggi.

“Jadi saat kami melihat zona wilayah yang positif, pihak kami akan masuk ke lokasi setempat, yang saat ini pihak kami pun sudah mengunjungi ke beberapa RW yaitu RW 04, RW 06 dan RW 012,” ungkapnya. (BJS/RED)