Gakumda Satpol PP Tangsel Sebut Selama PPKM Tingkat Kepatuhan Masyarakat Meningkat

TANGERANGRAYA.NET, Tangsel – Dalam masa pandemi Covid-19, masyarakat harus mematuhi Protokol Kesehatan untuk mengurangi angka penyebaran virus tersebut.

Kepala Bidang Penegakan Hukum Perundang-undangan (Gakumda) Satpol PP Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Sapta Mulyana, mengatakan selama penerapan Pemberlakuan Pembatasaan Kegiatan Masyarakat (PPKM) tingkat kepatuhan dan kesadaran masyarakat meningkat.

“Saat ini tingkat kesadaran dan kepatuhan masyarakat kota Tangsel terkait Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 sudah mulai meningkat, tidak seperti dua sampai tiga bulan yang lalu,” ujarnya. kepada wartawan, saat diwawancara di halaman kantor Pemerintah Kota Tangsel, Senin, (9/8/2021).

Sapta menjelaskan kalau menyangkut kesadaran masyarakat sudah luar biasa sekali. Menurutnya, tugas Satpol PP sudah tidak seberat 2 sampai 3 bulan lalu.

“Dua kali perpanjangan ini, penurunan drastis, karena sudah tak ada kerumunan yang signifikan, contoh konkretnya jam 21:00 itu sudah seperti kuburan mati dan sepi. Artinya masyarakat saat ini sudah menyadari dan dan masyarakat sudah tau berarti kesadarannya terkait PPKM Level 4,” ungkapnya.

Sapta menegaskan mobilitas masyarakat di kota Tangsel sendiri sudah menurun hingga 80 persen.

“Dapat dibilang penurunan cukup drastis, bisa sampai 70 persen sampai 80 persen,” pungkasnya.

Menurutnya wilayah yang sangat patuh secara keseluruhan, ada wilayah Serpong, Serpong utara, dan Pondok aren. Wilayah tersebut sangat drastis penurunannya.

“Yang masih dapat laporan informasi itu di wilayah Pamulang, yang masih banyak titik keramaian, tapi sudah sedikit landai tidak seperti yang lalu,” katanya.

Ketika ditanya tingkat kedisiplinan Protokol Kesehatan terhadap masyarakat Sapta menambahkan, tingkat kesadaran masyarakat sudah meningkat.

“Artinya udah naik tingkat kesadarannya, turun pelanggarannya, tidak ada teman teman yang signifikan seperti kemarin lagi,” tutupnya. (BJS/RED)