Haornas Ke 38, Presiden Jokowi : Diperingati dengan Catatan Prestasi yang Membanggakan

  • Bagikan

TANGERANGRAYA.NET Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) yang ke-38 pada Kamis (9/9/2021) harus dijadikan momentum untuk terus meningkatkan prestasi olahraga Indonesia.

Hal itu disampaikan Presiden Jokowi dalam sambutan peringatan Haornas ke-38 yang disiarkan di Youtube Kemenpora, Kamis (9/9/2021).

Kebanggaan Presiden Jokowi terhadap para atlet Tanah Air semakin meluap di Haronas ke-38 ini.

Peringatan Haornas tahun ini ditandai dengan catatan prestasi yang membanggakan dalam ajang Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo.

Di Olimpiade Tokyo 2020, Indonesia berhasil meraih lima medali dan mempertahankan tradisi emas.

Satu emas di raih Indonesia di Olimpiade Tokyo, lalu sisanya adalah satu perak dan tiga perunggu.

Sementara itu, tim Merah Putih sembilan medali di Paralimpiade Tokyo yang meliputi dua emas, tiga perak, dan empat perunggu.

Perolehan sembilan medali sendiri merupakan yang terbanyak bagi Indonesia sepanjang sejarah di ajang Paralimpade.

Meski banyak prestasi yang diraih tahun ini, Presiden Jokowi tak ingin para atlet Indonesia berpuas diri dan terus semangat meningkatkan prestasi.

Jokowi mengatakan bahwa prestasi olahraga Indonesia harus terus ditingkatkan karena hal itu tidak bisa muncul sendiri, tetapi harus dihasilkan melalui pembinaan atlet yang baik.

“Prestasi olahraga harus terus kita tingkatkan. Prestasi tidak muncul begitu saja. Prestasi dihasilkan oleh sebuah proses pembinaan dari hulu hingga hilir yang sistematis dan berkelanjutan,” kata Jokowi saat memberikan sambutan dalam pelaksanaan Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2021 secara virtual, Kamis (9/9/2021).

Dalam peringatan kali ini, Jokowi mengaku senang atas raihan medali Indonesia dalam acara olimpiade maupun paralimpiade Tokyo 2020 yang digelar pada 2021. Ia berterima kasih atas kerja keras para atlet serta kehebatan pelatih dalam mengasah para talenta olahraga hingga juara.

“Pencapaian prestasi yang menginspirasi seluruh bangsa bukan hanya membuat kita semua bangga tapi juga memacu lahirnya prestasi-prestasi olahraga yang lebih gemilang di masa yang akan datang,” kata Jokowi.

Untuk itu, Presiden Jokowi mengingatkan semua pihak untuk mampu bersinergi dalam pengembangan olahraga nasional. Hal tersebut berguna untuk memajukan prestasi olahraga nasional, terkhusus mengharumkan nama Indonesia di kancah Internasional.

“Untuk itu saya mengajak semua pemangku kepentingan bersinergi untuk menciptakan ekosistem industri olahraga yang semakin modern, dan juga menyelenggarakan kompetisi olahraga yang sehat dan memacu prestasi,” ujar Presiden Jokowi.

“Menemukan talenta unggul sejak dini sehingga bisa menjadi pondasi yang kuat untuk memajukan dunia olahraga di Indonesia,” jelasnya.

Di sisi lain, Presiden Jokowi juga secara resmi menerbitkan Peraturan Presiden (Prepres) No 86/2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). Nantinya, Perpres tersebut akan menjadi acuan dan payung hukum bagi pengembangan olahraga nasional. (BJS/RED)

  • Bagikan