Pelaksanaan ANBK, Dinas Pendidikan Tangsel : Pihak Sekolah Tidak Boleh Memberikan Beban ke Siswa

TANGERANGRAYA.NET, Tangsel – Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Taryono, mengatakan sedang mempersiapkan Assessment Nasional Berbasis Komputer (ANBK).

Taryono mengatakan ANBK yang di lakukan di tiap-tiap Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Dasar (SD) saat ini sedang di persiapkan.

“Asesmen Nasional itu sedang dilakukan persiapan, dan itu kan tidak terkait dengan evaluasi individu tetapi evaluasi lembaga,” katanya kepada wartawan, di tulis Kamis, (4/11/2021).

Karena di butuhkannya komputer, Taryono menceritakan pada masa Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang dimana satu siswa bisa memakai satu komputer, oleh sebab itu dirinya optimis ANBK dapat terlaksana dengan baik.

“ketika di laksanakan UNBK dulu yang satu anak satu komputer aja bisa apalagi yang sekarang hanya 20 anak aja yang di butuhkan pasti sudah siap semua,” tutur Taryono.

Taryono juga menerangkan setiap sekolah sudah dipenuhi kebutuhan untuk proses ANBK, oleh sebab itu pihak sekolah tidak di perbolehkan untuk memberi beban kepada siswa.

“Sudah di penuhi oleh kita, Tidak usah dan tidak boleh (ada iuran) biar kami yang memenuhi aja,” tutur Taryono.

Sementara salah satu wali murid berinisial DN mengungkapkan bahwa anak nya yang bersekolah di SMP Negeri 24 Kota Tangerang Selatan sampai saat ini belum mengikuti ANBK.

Sementara DN sudah membayar sejumlah uang kepada pihak sekolah untuk pelaksanaan ANBK tersebut.

“Tau tentang ANBK, tapi belum mengikuti, tapi anak saya udah bayar,” katanya .

DN menerangkan bahwa dari keterangan pihak sekolah uang tersebut di pergunakan untuk menyewa salah satu tempat untuk pelaksanaan ANBK.

“Maaf pak karena SMP 24 belum ada ruang komputernya jadi kita harus sewa sekolah lain untuk ANBK nya,” terangnya.

“Tapi karena ini untuk buat anak belajar semua orangtua akan mengusahakan, tapi pihak sekolah boleh untuk mencicilnya dikasih waktu untuk bayar ANBK,” tandasnya. (BJS/RED)