ANBK SMP 2021, Sekolah di Tangsel Masih Ada Yang Menumpang, Dindik Sebut Tidak Ada Biaya Sewa

TANGERANGRAYA.NET, Tangsel – Dinas Pendidikan Kota Tangerang Selatan (Tangsel) angkat bicara dalam pelaksanaan Assessment Nasional Berbasis Komputer (ANBK) yang di laksanakan pada bulan Oktober 2021 kemarin, bahwa tidak boleh sekolah negeri memberikan biaya sewa untuk sekolah lain.

Hal itu di sampaikan oleh Kasie Sarana dan Prasarana pada Dinas Pendidikan Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Eka Andries kepada wartawan, Selasa, (23/11/2021).

“Kalau dari Dinas pendidikan itu tidak ada sewa menyewa untuk penyelenggaraan ANBK, apalagi sekolah negeri yang di tumpangi, kalau sekolah swasta saya tidak tahu,” katanya.

Sementara itu eka menambahkan, apabila terdapat sekolah swasta yang di tumpangi, dirinya tidak mengetahui terkait adanya biaya sewa atau tidak.

“Kalau sekolah swasta kewenangannya yayasan langsung karena pengelolaannya pun Pemerintah tidak di fokuskan ke sekolah-sekolah swasta, tapi di khususkan ke sekolah negeri,” imbuhnya.

Di konfirmasi terpisah, Staff Pelaksana Kurikulum dan Penilaian pada Bidang Kurikulum di Dinas Pendidikan Kota Tangsel, Agus setiawan mengatakan ada beberapa kendala mengenai pelaksanaan ANBK 2021 yang di laksanakan pada Bulan Oktober kemarin

“Kita saat pelaksanaan itu ada kendala keterlambatan dengan token, hal itu di gunakan untuk anak anak dalam pengerjaan soal. Setelah bisa masuk dengan token mereka baru mengerjakan satu soal atau tiga soal terjadi log out (Atau Server Down – Red) sehingga anak tersebut login kembali dengan token yang lama,” katanya.

Sementara itu mengenai sekolah yang mengalami keterbatasan sarana dan prasarana, Agus menjelaskan, mengenai proses kordinasi pelaksanaan ANBK untuk SMP Negeri maupun swasta yang ada di Tangsel.

“Jadi ada kordinasi tentang sekolah mau menumpang ke sekolah yang mau di tumpangi jadi ada laporan ke kita dengan melalui surat,” katanya.

“Misalkan SMP ARRAISIYAH menumpang di SMP NEGERI 4 TANGSEL mereka membuat surat usulan dulu ke SMP 4 NEGERI TANGSEL, apakah mereka bersedia untuk, di tumpangi atau tidak, jika sudah siap biasanya dari sekolah yang akan menumpang membuat pemberitahuan ke Dinas Pendidikan untuk menumpang di sekolah tersebut,” pungkasnya.

Bedasarkan data yang di terima oleh Tangerangraya.net terdapat 10 sekolah yang menumpang dalam pelaksanaan ANBK 2021.

  1. SMP INTEGRAL AL FIRDAUS Pelaksanaan ANBK di SMP NEGERI 11 KOTA TANGSEL
  2. SMP PGRI JOMBANG Pelaksanaan ANBK di SMP NEGERI 6 KOTA TANGSEL
  3. SMP ISLAM INSAN MULIA SERPONG Pelaksanaan ANBK di MAN 1 KOTA TANGSEL.
  4. SMP IT BAITUL QURRO, Pelaksanaan ANBK di SD ISLAM AL FALLAH.
  5. SMP IT AL MATIIN Pelaksanaan ANBK di SMP NEGERI 13 TANGSEL.
  6. SMP CITRA INSAN MULIA Pelaksanaan ANBK di SMP NEGERI 4 KOTA TANGSEL.
  7. SMP SABILUNA Pelaksanaan ANBK di SMP NEGERI 13 TANGSEL.
  8. SMP ARRAISIYAH Pelaksanaan ANBK di SMP NEGERI 4 KOTA TANGSEL.
  9. SMP KARAKTER IDENTIK Pelaksanaan ANBK di SD WASKITO.
  10. SMP NEGERI 24 KOTA TANGSEL Pelaksanaan ANBK di SMP NEGERI 13 TANGSEL.

(BJS/RED)