Banten  

Andhika Hazrumy Bawa Tanah Baduy Ke IKN Nusantara

TANGERANGRAYA.NET, Banten Pemprov Banten membawa tanah Wiwitan Baduy dan tanah di Keraton Surosowan untuk dibawa ke IKN Nusantara di Kalimantan Timur. Kendi berisi air dari kawasan Tirtayasa daerah yang dibangun Sultan Ageng Tirtayasa juga turut dibawa.

Tanah dari Baduy dan Surosowan dibawa dengan tembikar. Sedangkan air dibawa dalam sebuah kendi yang nanti akan digabung di satu kendi khusus bernama Kendi Nusantara.

“Saya mewakili Gubernur Wahidin Halim menghadiri undangan Presiden yang akan menggelar kegiatan Kendi Nusantara di IKN,” katanya kepada wartawan, di tulis (14/3/2021).

Dijelaskan Andika, Provinsi Banten memilih membawa tanah dari Baduy dan Keraton Surosowan mengingat secara akar budaya, Banten berasal dari dua tempat tersebut.

Menurut Andika, kawasan Baduy sebagai desa adat khas Banten yang unik dengan daerah-daerah lain di Indonesia.

Sementara untuk Keraton Surosowan, lanjut Andika, sebagai cikal bakal peradaban Banten modern saat ini.

Adapun air yang diambil dari kawasan Tirtayasa dipilih karena sistem pengairan persawahan di kawasan Tirtayasa, Serang yang dibangun pada masa Sultan Ageng Tirtayasa.

“Ini hasil konsultasi kami di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, dengan para ahli kebudayaan dan sejarah sehingga terpilih Baduy dan Keraton Surosowan sebagai tanah dan air yang spesifik sebagai akar kebudayaan dan sejarah masyarakat Banten,” tutupnya. (BJS/RED)