Camat Ciputat Sebut Lapak Pedagang yang Terbakar Berdiri Diatas Lahan Pribadi Bukan Milik Pemda

TANGERANGRAYA.NET, Tangsel – Camat Ciputat Kota Tangerang Selatan menyatakan lapak pedagang Pasar Ciputat yang hangus terbakar seluas 1800 meter persegi ialah berdiri di atas lahan milik pribadi.

Bachtiar Priyambodo sebagai Camat Ciputat mengatakan kejadian ini terjadi di bertempatan di RT 01/RW 01 Kelurahan Cipayung, Kecamatan Ciputat.

Ia menjelaskan langkah pertama dalam darurat ini sudah dilakukan untuk penanganan api supaya tidak menyebar kemana-mana. Selanjutnya kita akan kordinasi dengan Dinas terkait untuk penanganan pedagang. Ada sekitar 150 kios dan los, beserta tanah milik pribadi bukan milik Pemda dengan luas 1800 meter.

“Hingga sampai saat ini kita belum data kerugian yang dialami. Karena ini baru kejadian, akan dilakukan komunikasi dengan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan untuk menyelamatkannya. Dengan Luas 1800 meter persegi Lapak penjual bakso, daging Penggilingan bakso dan lain-lainnya,” ungkapnya, kepada wartawan, Rabu, (11/5/2022).

“Kejadian tersebut pun awal mulanya belum dapat diketahui tetapi awal mula tanah ini milik warga dan disewakan ke pedagang. Pedagang menyewa kepada pribadi,” terangnya.

Bachtiar menambahkan kemungkinan dari kita akan melakukan opsi akan memindahkan ke dalam. Maka kita akan melaporkan kordinasi ke wilayah setempat dengan ketua pedagang setempat dengan dinas seperti itu.

“Kronologis peristiwa tersebut juga kurang lebih jam 16.15 dan saya dapat kabar pukul 16.20 oleh kepala KUA dan setelah datang ke lokasi udah ada petugas. Semoga tidak ada korban dan kebetulan di lokasi ada petugas PMI untuk penanganan,” tutupnya.

Sebelumnya diberitakan lapak pedagang di Pasar Ciputat, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) terbakar sekitar 16.00 WIB tadi. Kobaran api cepat membesar hingga membuat para pedagang panik hingga lari berhamburan menyelamatkan diri.

“Ada ratusan lapak ini mah,” ujar Hendrik, petugas keamanan Pasar Ciputat kepada wartawan, di lokasi kejadian, Rabu (11/5/2022).

“Jadi ini lapak-lapak yang agak mudah terbakar didalam pasar ciputat ini, masih cukup besar pas kita datang, alhamdulillah tidak menyambar ke lapak-lapak, didalam area pasar ciputat,” katanya.

Hendrik menjelaskan kendala kita air agak susah didaerah ciputat, pasar karena banyak warga lalu lalang jd agak kesulitan masuk personil kita, asal api masih meraba-raba katanya korsleting listrik.

“Korsleting perlistrikan dikarenakan sudah terbakar, belum tau kondisinya seperti apa, nanti akan diberikan informasi terakhir, alhamdulillah korban jiwa tidak ada,” tutupnya. (STW/RED)