Ruas Jalan Buaran dan Kademangan Minim Penerangan, Warga Khawatir Soal Keselamatan Nyawa

TANGERANGRAYA.NET, Tangsel – Sejumlah ruas jalan yang ada di beberapa wilayah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) nampak gelap gulita. Hal tersebut disebabkan lantaran lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) yang tak berfungsi sebagaimana harusnya.

Berdasarkan Pantauan Tangerangraya.net, tampak terlihat di Jalan Buaran dan Kademangan, Kota Tangerang Selatan, Banten minimnya lampu penerang jalan. Disamping itu ada beberapa lampu penerang jalan yang tidak aktif.

Sedangkan jalanan di lokasi ini dapat dikatakan strategis. Hal ini dikarena jalanan tersebut merupakan titik perbatasan tiga kecamatan di wilayah tangsel, yaitu Pamulang, Serpong dan Setu, serta dapat menghubungkan ke akses Kabupaten Tangerang.

Kondisi demikian membuat masyarakat dan pengguna jalan resah. Seorang pengendara bermotor bernama Selamet (25) mengatakan jalanan yang gelap ini bisa berakibat kecelakan lalu lintas.

“Apalagi saya sebagai pengendara motor dapat terjatuh akibat tidak adanya penerangan,” ujarnya, Sabtu, (14/5/2022).

Ia menjelaskan, dengan posisi jalan yang kurang penerangan dan gelap bisa terjatuh dari motor. Sudah begitu ditambah jika diguyur hujan, tidak ada penerangan, licin, bisa-bisa terjatuh dan kepleset.

“Saya berharap Pemkot Tangerang Selatan dapat memperhatikan hal tersebut dan harus segera mengatasi perbaikan ini dengan benar. Karena ini menyangkut keselamatan serta warga Tangsel. Mudah mudahan cepat di benerin dah, Karena bahaya juga untuk pengendara lainnya,” tandasnya.

Sebelumnya diberitakan Pemerintah Kota Tangerang Selatan memprioritaskan program Tangsel Terang tahun ini. Untuk itu, Pemkot Tangsel berencana membangunan ribuan penerangan jalan umum (PJU) pada tahun 2022.

“Insya Allah 2022 ini kita ada pembangunan  1.750 titik PJU baru dan pemeliharaan 486 titik lampu-lampu yang mati. Adapun PJU eksisting se-Tangsel mencapai 44 ribu lebih. Adapun arahan dari Bapak Wakil Wali Kota di APBD perubahan bisa ditambahkan untuk anggaran pemeliharaan,” ujar Ali Akbar, Kabid PJU Dinas Perhubungan Kota Tangsel.

Program Tangsel Terang digulirkan untuk menerangi titik-titik wilayah yang masih gelap. Kendati memang sudah ada lampu tapi perlu ada peningkatan supaya pancaran lampu lebih jernih. Secara rill kondisi Tangsel memang sudah terpasang PJU utamanya di jalan protokol.

Titik-titik prioritasnya yaitu di pintu masuk Tangsel, baik yang ada di Jakarta, Bogor, Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang. Tangsel dengan 90 watt tentu sudah terang. Tapi ketika bersebelahan, Tangsel terlihat gelap. (STW/RED)