Persingkat Waktu, Pemilihan Ketua Osis SMK BLM Gandeng Aplikasi e-Voting Milik KPU Tangsel

TANGERANGRAYA.NET, Tangsel – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Plus BLM melakukan pemilihan Ketua OSIS dengan menggunakan aplikasi E-voting dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

Hal tersebut disampaikan oleh Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangsel, Ade Wahyu Hidayat, kepada Tangerangraya.net, Senin, (23/5/2022).

Ade mengatakan acara pemilihan tersebut yang di laksanakan senin pagi di salah satu ruangan di gedung SMK Plus BLM, tercatat yang masuk kedalam daftar pemilih tetap (DPT) berjumlah 185 orang, terdiri dari Laki-laki 117 dan Perempuan 68.

“Tetapi yang hadir menggunakan Hak pilihnya berjumlah 128 Orang, 72 Laki-laki dan 56 Perempuan, jadi partisipasi pemilih dalam kegiatan ini 69 persen,” katanya.

Ade menyampaikan pemilihan Ketua dan Wakil Ketua Osis dengan menggunkan Aplikasi e-Voting ini sangat mempermudah bagi panitia dan pemilih, karena dari sisi pelaksanaannya lebih simple, panitia tidak perlu mencetak surat suara dan menyediakan kebutuhan TPS lainya.

“Seperti, tinta, paku dan busa untuk melakukan pencoblosan, panitia hanya menyediakan monitor atau computer untuk digunakan pemilih melakukan pemilihan, artinya pemilih hanya melakukan pemilihan dilayar computer tidak harus mencoblos surat suara,” jelasnya.

Ia menambahkan, selain dari sisi teknis pencoblosan, aplikasi E-voting lebih efesien karena untuk mengetahui hasil pemilihan lebih singkat dan cepat.

“Momentum ini pun merupakan suatu hal yang baik dan perlu di contoh bagi sekolah-sekolah lain untuk menggunakan aplikasi e-voting dalam kegiatan pemilihan ketua dan wakil ketua Osis baik SMK atau SMA bahkan SMP” tandasnya. (STW/RED)