Raperda LKPD Masuk Tahap Final, Sekda Tangsel Targetkan Realisasi APBD 2022 Dapat Sentuh Angka Maksimal

TANGERANGRAYA.NET, Tangsel – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tangsel Bambang Noertjahjo menyatakan semoga target realisasi pendapatan dan pengeluaran Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) pada tahun 2022 dapat mendekati angka maksimal 100 persen, dengan catatan melakukan beberapa penyesuaian dari perencanaan.

Bambang mengatakan dalam rapat bersama badan anggaran DPRD dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) pembahasan tersebut mengenai finalisasi Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD).

“Pembahasan LKPD yang utama adalah berkaitan dengan hasil pemeriksaan dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Pemerintah Kota yang awalnya Un Audit menjadi Audit, atas dasar itu kita bahas dan kita laporkan ke badan anggaran. Kemudian badan anggaran menerima dengan beberapa catatan,” terangnya, kepada Tangerangraya.net, ditulis Jumat, (24/6/2022).

Dimana kata Bambang, nantinya akan menjadi dasar-dasar pertimbangan saat pengusulan Raperda laporan keuangan pertanggung jawaban daerah.

Saat ditanya bagaimana target realisasi pada tahun 2022, ia menilai seharusnya dengan kondisi saat ini jauh lebih baik. Target realisasi baik pendapatan maupun pengeluaran seharusnya jauh lebih dapat kita tingkatkan persentasenya seperti tahun 2021.

“Memang untuk pengeluaran pada tahun 2021 kita mencapai angka hampir 92 persen dan mudah-mudahan di tahun ini 2022 kita bisa mendekati angka maksimal 100 persen, untuk itu kita memang harus melakukan beberapa penyesuaian dari perencanaan dan sudah dilakukan sebetulnya,” ungkapnya.

“Untuk SILPA pada tahun 2021 terbentuk sejumlah Rp 473.766.290.893 dari nilai Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Rp3.507 triliun, perihal realisasinya kita akan laporkan pada saat kita pengajuan perubahan,” tandasnya. (STW/RED)