Hadir Giat Evaluasi Puskesmas, Wakil Walikota Tangsel Minta Pelayanan Harus Lebih Baik Lagi

TANGERANGRAYA.NET, Tangsel – Wakil Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Pilar Saga Ichsan menyatakan dengan jumlah 35 unit Puskesmas saat ini, harus mampu memberikan pelayanan dan fasilitas lebih baik lagi.

Hal itu dilontarkan Wakil Walikota Tangsel Pilar Saga Ichsan, saat menghadiri kegiatan Evaluasi UPT Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) tahun 2022, kepada Tangerangraya.net, ditulis Rabu, (29/6/2022).

Pilar mengatakan berdasarkan penilaian dari Kementerian Kesehatan bahwa ratio jumlah penduduk Kota Tangsel dengan jumlah 35 unit Puskemas saat ini sudah mencukupi.

“Akan tetapi bagaimana kedepannya dengan jumlah puskesmas ini pelayanannya dan fasilitas bisa lebih baik lagi, saya harap Puskesmas di Kota Tangsel ini bisa menjadi yang terbaik di Indonesia,” ujarnya, kepada Tangerangraya.net, Rabu (29/6/2022).

Pilar mengklaim Pemerintah Kota melalui Dinas Kesehatan selalu mengevaluasi fasilitas sarana dan prasarana yang berada di Puskesmas.

“Selalu di evaluasi dan Kepala Dinas, Dr Alin Hendalin serta Bapak Sekertaris Dinas selalu menyampaikan kepada kami untuk coba di anggarkan setiap tahunnya,” terangnya.

Ia melanjutkan dengan adanya kegiatan evaluasi pelayanan Puskesmas tahun 2022 ini. Saya ingin mendengar langsung dari Puskesmas, terkait apa yang dibutuhkan selain anggaran yang sudah di ajukan ke Dinas Kesehatan.

“Mengenai proses pemeliharaan sarana dan prasarana, pihak kami sedang mengkaji aturan-aturan untuk perbaikan fasilitas yang berada di Puskesmas,” imbuhnya.

“Sedang kita kaji ya aturannya, apakah boleh untuk perbaikan kecil tersebut dilakukan oleh unit Puskesmas. Sementara kalau sekarang masih dipegang oleh Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang tetapi kalau kedepan memungkinkan dan bisa efektif kenapa tidak pengelolaan itu di masing-masing Puskesmas untuk perbaikan kecil,” tandasnya. (STW/RED)