Dinkes Tangsel Klaim Rutin Lakukan Evaluasi Soal Ketersediaan Sarpras Puskesmas

TANGERANGRAYA.NET, Tangsel – Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mengklaim selalu mengevaluasi ketersediaan sarana dan prasarana di UPT Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas).

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangsel, Allin Hendalin, kepada Tangerangraya.net, ditulis Rabu, (29/6/2022) kemarin.

Allin menyampaikan pihaknya selalu mengevaluasi secara rutin mengenai ketersediaan sarana dan prasarana Puskesmas melalui Aplikasi Sarana, Prasarana, dan Alat Kesehatan yang selanjutnya disingkat (ASPAK).

“Aplikasi tersebut menjadi dasar kita evaluasi untuk merencanakan kebutuhan di Puskesmas. Melalui aplikasi ASPAK pihaknya bisa mengupayakan kebutuhan peralatan medis dan non medis pada Puskesmas,” ujar Allin.

“Basicnya sendiri dari ASPAK, pada saat kita belanja alat apa sih yang rusak, dan apa yang harus kita beli,” sambungnya.

Allin menyampaikan proses pemeliharaan sarana dan prasarana yang sifatnya kecil sudah ada anggarannya di Puskesmas.

“Apabila anggaran tersebut tidak mencukupi pihak kami juga sudah mempersiapkannya di bagian umum Kepegawaian,” paparnya.

“Kendati jika sifatnya besar biasanya kita mengajukan ke Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kota Tangsel,” tandasnya. (STW/RED)