TUTUP IKLAN
Kota Tangerang Selatan

Kadin Banten Gelar Kunker, Kadin Tangsel Sampaikan 9 Program yang Sudah Dilakukan

36
×

Kadin Banten Gelar Kunker, Kadin Tangsel Sampaikan 9 Program yang Sudah Dilakukan

Sebarkan artikel ini

Tangerang Selatan – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi Banten sedang melakukan kunjungan kerja ke seluruh kadin-kadin Kabupaten/Kota yang ada di Banten dalam rangka meningkatkan peran dan pelayanan untuk mendukung pembangunan ekonomi. Salah satunya mengunjungi Kadin Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Kamis (13/6/24).

Wakil Ketua Umum Bidang Organisasi Keanggotaan & Tata Laksana Kadin Banten, H. Tb. Hadi Mulyana, menjelaskan maksud dan tujuan diadakannya kunjungan kerja kali ini.

BERITA INI DI SUPPORT OLEH

“Bahwa ini kewajiban kita, Kadin Provinsi, melakukan koordinasi dalam rangka konsolidasi kepada kabupaten/kota, dan sudah diagendakan per 3 bulan di setiap daerah yang ada di Provinsi Banten. Hari ini mulai pada Kadin Tangsel, besok di Cirebon,” ujar Hadi saat diwawancarai di tempat Konsolidasi, Kantor Kadin Tangsel.

“Kunjungan kerja hari ini dalam konsolidasi, membahas beberapa hal terutama terkait ketentuan-ketentuan baru dari Kadin Pusat yang harus disampaikan, salah satunya mengenai berjalannya organisasi, tentang bagaimana kewajiban pengurus, intinya bagaimana organisasi ini berjalan dengan baik sesuai tugas dan fungsinya,” lanjutnya.

Lalu, Hadi pun memberitahu isi pembahasan yang ada pada kunjungan ke Kadin Kota Tangsel.

“Konsolidasi kali ini kita memberikan gambaran tentang masalah apa yang harus dilakukan oleh Kadin Tangsel, salah satunya adalah rapat pengurus atau membuat program kerja antar bidang, itu harus segera dibuat, karena bidang-bidang itu tidak boleh tergantung pada ketua umum saja, mereka harus tetap berjalan, itu salah satu yang paling ditekankan,” ungkapnya.

Perihal kesinambungan dari program Kadin Pusat kepada Kabupaten/Kota dengan pemerintahan yang akan berganti setelah ditetapkannya pemenang Pemilu Presiden 2024, yakni Prabowo-Gibran, ia belum bisa pastikan hal tersebut.

“Kalau terkait program pusat dengan transisi presiden yang baru nantinya belum bisa kita pastikan sekarang, karena Kadin baik di tingkat Kabupaten/Kota juga bisa membuat program sendiri, walaupun memang ada beberapa program dari pusat kepada daerah, jika program itu bisa dimanfaatkan untuk daerah tersebut ya silahkan manfaatkan,” jelasnya.

Dan tak luput, Hadi mengatakan belum ada program yang bisa dielaborasikan dari pusat kepada daerah. Hasil dari Rapat Pimpinan yang diarahkan Kadin Indonesia masih berfokus kepada berjalannya organisasi dengan baik.

“Kalau untuk sementara ini belum, karena kita belum ada rapim lagi, kalau rapim kemarin yang diarahkan oleh Kadin Indonesia lebih difokuskan kepada keorganisasian, satu yang harus ditekankan karena Kadin ini mengurus perekonomian dari mulai hulu sampai ke hilir, Visi-Misi Kadin ini di Indonesia maupun Provinsi yakni meningkatkan UMKM, menaikkan kelas dari ultra mikro menjadi mikro, mikro menjadi kecil, dari kecil menjadi menengah jadi intinya bagaimana mengembangkan perekonomian di daerah,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Ketua Kadin Tangsel, Hence Benyamin, mengatakan kunjungan kerja Kadin Provinsi adalah rangka silaturahmi sekaligus untuk meningkatkan kinerja Kadin Tangsel dengan program-programnya.

“Hari ini ada kunker dari Kadin Provinsi kepada Kadin Tangsel yang itu merupakan agenda mereka kepada seluruh Kadin di Kabupaten/Kota, artinya konsolidasi ini yakni mempererat lagi tali komunikasi,” kata Hence.

“Dan juga Kadin Provinsi ingin mendengar secara langsung dari Kadin Tangsel terkait perkembangan program-program kerja kita, tadi sudah kita jelaskan dan ada beberapa masukan juga dari Kadin Provinsi, beberapa masukan itu kita akan segera sikapi kedepannya,” sambungnya.

“Pertemuan ini juga dihadiri oleh para wakil-wakil ketua, jadi artinya silaturahmi ini merupakan suatu rangkaian program kerja, antara Kadin Provinsi kepada Kadin Tangsel, dimana tujuan dari silaturahmi ini meningkatkan kinerja dari kami,” jelasnya.

Hence juga memberitahukan usulan-usulan dari Kadin Provinsi kepada Kadin Tangsel. “Salah satunya adalah menjalin komunikasi baik dengan pemerintah dan pihak-pihak swasta, lalu ditingkatkan lagi program kerja pada masing -masimg bidang yang ada di Kadin Tangsel. Pastinya Kadin Provinsi akan terus support Kadin dan Pemkot Tangsel,” tuturnya.

Dalam konsolidasi tersebut, Kadin Tangsel sampaikan aspirasi-aspirasi kepada Kadin Provinsi berupa laporan progam-program kerja yang sudah dilakukan selama 9 bulan. Kadin Tangsel ingin memastikan bahwa Kadin Provinsi mengetahui hal itu.

“Alhamdulillah setelah mendengar penjelasan dari kita dan Kadin Provinsi pun sudah mengetahui langkah-langkah program kerja kita, ya saran dari mereka ya ditingkatkan lagi supaya lebih baik, karena secara organisasi kami sudah berjalan dengan baik,” tandasnya.

Diketahui dalam agenda kunjungan kerjanya Kadin Provinsi Banten turut membawa timnya yaitu Syamsul Hariyanto (WKU Bidang Koordinator Wilayah Timur Banten), Ir. Herdian Koosnadi (WKU Bidang Sertifikasi, Profesi & Kompetensi), Djoko Nugroho (WKU Bidang Industri Ekonomi Kreatif), Harry Wibawa (WKU Bidang Tenaga Kerja & Hubungan Industrial).

Laporan: STW