TUTUP IKLAN
Kota Tangerang Selatan

Lanjuti Koalisi Pilgub Banten, Gerindra-PKS Tangsel Sepakat Bersatu Sambut Pilkada Tangsel

213
×

Lanjuti Koalisi Pilgub Banten, Gerindra-PKS Tangsel Sepakat Bersatu Sambut Pilkada Tangsel

Sebarkan artikel ini

Tangerang Selatan – Koalisi Partai Gerindra dan PKS (Partai Keadilan Sejahtera) di tingkatkan Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2024 berlanjut kepada tingkat Kota Tangerang Selatan menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Wakil Sekretaris DPD PKS Tangsel, mengatakan pertemuan itu untuk menindaklanjuti terkait Koalisi Gerindra dan PKS pada Pemilihan Gubernur Banten 2024 dengan menghadirkan pasangan calon yakni Anda Soni-Dimyati Natakusumah.

BERITA INI DI SUPPORT OLEH

“Alhamdulillah baru saja selesai pertemuan Gerindra Tangsel bersilaturahmi dengan PKS Tangsel. Pertemuan ini untuk menindaklanjuti Koalisi Banten Maju yaitu pak Andra Soni dan Dimyati Natakusumah,” ujar Joko saat diwawancarai, (1/7/24).

Joko pun tak menampik, akan ada estafet koalisi PKS dan Gerindra pada Pilkada Tangsel 2024.

“Dan untuk di Pilkada Tangsel, kita bersama Gerindra juga akan serius, nanti kita pikirkan juga,” terangnya.

“Kurang lebih hasil pembicaraan dengan Gerindra seperti itu,” sambungnya.

Perihal harmonisasi antara PKS dan Gerindra di Tangsel, ia akui terjalin dengan sangat baik. Bahkan bukan hanya sekali terjadi pertemuan antara ketua dua partai tersebut.

Joko berujar, hubungan baik antara PKS dan Gerindra itu dipengaruhi oleh kesamaan karakter dari kedua partai, salah satunya adalah berani mengkritisi suatu kebijakan yang merugikan masyarakat.

Terdengar kabar, PKS Tangsel sempat akan mengusung kader internal dalam Pilkada 2024. Hal ini disinyalir PKS akan mengisi posisi calon wali kota karena posisi Gerindra yang mengusung Marshel Widianto menjadi wakil wali kota. Joko turut menanggapi kabar itu.

“Ya ini kan masih proses tahap awal, kita masih belum bisa membahas sejauh itu, baru sampai tahap menindaklanjuti Koalisi Banten Maju yaitu Pak Andra dan Dimyati, lalu dilanjutkan bicara tentang Pilkada Tangsel. Jadi untuk masalah calon, belum sampai kesana, tapi kedepan akan kita seriusi dan akan kita tindak lanjuti,” ucapnya.

Dengan begitu, Joko mengatakan PKS dan Gerindra di Tangsel adalah jawaban ideal. “Boleh dibilang seperti itu, karena kita menindaklanjuti dari Koalisi Banten Maju, arahan dari DPW juga seperti itu, ya kita mulai serius untuk berkomunikasi dengan Gerindra, insya allah kedepan akan semakin intens lagi,” imbuhnya.

Lanjutnya, potensi terbentuknya Koalisi PKS dan Gerindra di Tangsel yang notabene pada Pilpres 2024 berbeda kubu, itu tidak mempengaruhi kondisi internal dan konstituen lainnya.

“Akan ada mekanisme tersendiri, nanti kita akan melakukan konsolidasi ke internal dan akan kita sampaikan, tapi sejauh ini hal itu tidak begitu berpengaruh terkait pendukung Prabowo-Gibran maupun tidak, toh kita pada tahun 2014 dan 2019 juga dukung pak Prabowo, artinya tidak ada masalah koalisi Pilpres akan berbeda dengan koalisi di Pilkada Tangsel,” tukasnya.

Senada dengan Joko, Sekretaris Jenderal Gerindra, Yudi Budi Wibowo membenarkan pembahasan pada pertemuan Gerindra dan PKS terkait Koalisi Pilgub Banten sampai potensi terbentuknya koalisi di Pilkada Tangsel.

“Yang pasti pertemuan malam ini menyambut pertemuan yang kemarin di adakan oleh Partai Gerindra mengundang partai-partai yang lain dalam koalisi Pilgub Banten Andra dan Dimyati,” kata Yudi.

“Jadi pertemuan malam ini menjawab dan mendiskusikan Pilgub dan punya keinginan bersama untuk koalisi itu bisa sampai kepada Pilkada kota dan kabupaten,” tambahannya.

Mengenai koalisi Pilpres yang sempat berbeda pilihan, Yudi katakan hal itu sudah selesai, dan saatnya bersama-sama PKS dan Gerindra dapat membangun sampai ke tingkat daerah.

“Kita menginginkan Banten maju seperti tagline kita di koalisi Pilgub Banten, tentunya Banten maju mesti di ikuti oleh kota dan kabupaten yang ada di Provinsi ini,” tuturnya.

Kemudian, terkait karakteristik dari Partai Gerindra dan PKS, ia yakin dapat menjadi koalisi yang dapat beradaptasi demi Kota Tangsel yang lebih baik.

“Tadi kita sudah berbicara banyak tentang masalah di Tangsel bahwa kedepannya Tangsel harus beradaptasi dengan banyak hal dan kita sepakat bahwa Tangsel harus dibawa lebih maju lagi,” tandasnya.

Diketahui berdasarkan informasi yang dihimpun Gerindra Kota Tangerang Selatan (Tangsel) telah melakukan kunjungan ke PKS Tangsel pada Senin, 1 Juli 2024. Kedua partai tersebut membahas persiapan jelang Pilgub Banten dan Pilkada Tangsel 2024.

Sebelumnya pun Partai Gerindra resmi mengusung duet Andra Soni-Dimyati Natakusumah sebagai bakal cagub dan cawagub Pilgub Banten 2024. Sekjen Partai Gerindra, Ahmad Muzani, menyerahkan Surat Keputusan (SK) kepada bakal pasangan tersebut.

“Pada hari ini, dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, Sekjen Partai Gerindra, Pak Ahmad Muzani, akan menyerahkan Surat Keputusan dari Partai Gerindra terhadap calon gubernur dan calon wakil gubernur Banten Pak Andra Soni dan Pak Dimyati Natakusumah yang sudah ditandatangani oleh Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto,” kata Ketua Harian Gerindra, Dasco di kawasan Tangerang Selatan, Minggu (30/6/2024).

Laporan: STW