TUTUP IKLAN
Kota Tangerang

Survei Ungkap Publik Kota Tangerang Favoritkan Erlangga Jadi Wakil Sachrudin

45
×

Survei Ungkap Publik Kota Tangerang Favoritkan Erlangga Jadi Wakil Sachrudin

Sebarkan artikel ini

Tangerang – Hasil survei lembaga Dimensi Research & Consulting menunjukkan, Erlangga Yudha Nugraha paling difavoritkan sebagai wakil wali kota Tangerang mendampingi Sachrudin.

Elektabilitas Erlangga sebagai calon wakil wali kota menempati posisi teratas dengan raihan dukungan sebesar 17,7 persen.

BERITA INI DI SUPPORT OLEH

“Di bawah Erlangga, terdapat nama Prilly Latuconsina 10,0 persen, Aini Suci Wismansyah 8,0 persen, Jazuli Abdillah 6,6 persen, Hilmi Fuad 5,0 persen, Turidi Susanto 4,8 persen, Fadlin Akbar 4,5 persen, Abdul Syukur 4,3 persen, Arief Muhammad 3,4 persen, dan Andri S Permana 2,3 persen. Sedang nama lain di bawah 2 persen,” ujar Direktur Riset Dimensi Research & Consulting Kamal Mutamam dalam keterangannya, Rabu (3/7/2024).

Lebih jauh, survei Dimensi secara khusus memotret sosok yang dianggap pantas mendampingi calon wali kota yang diusung Partai Golkar, Sachrudin.

Hasilnya, dari 22 nama yang diuji, Erlangga paling banyak direkomendasikan pemilih dibanding nama-nama lainnya.

“Empat nama yang banyak mendapat respon positif, yaitu Erlangga Yudha Nugraha di posisi teratas dengan angka 16,4 persen, disusul Prilly Latuconsina 9,8 persen, Aini Suci Wismansyah 9,3 persen, dan A. Jazuli Abdillah 6,1 persen. Nama lain angkanya di bawah 6 persen,” ungkapnya.

Kamal menyampaikan, berdasarkan analisis data survei terungkap bahwa nama-nama potensial bakal calon wali kota tersebut memiliki keunggulan masing-masing di mata pemilih.

Erlangga Yudha Nugraha, jelasnya, cenderung disukai dan dipilih karena dianggap mewakili anak muda yang santun atau berwibawa, juga dinilai mampu menghadirkan solusi atas persoalan ekonomi anak muda

Prilly Latuconsina cenderung disukai dan dipilih karena dianggap berjiwa sosial. Sedangkan alasan dominan memilih Aini Suci Wismansyah karena pengalamannya di pemerintahan serta kepribadiannya yang dianggap peduli.

“Begitu juga Jazuli Abdillah cenderung disukai dan dipilih karena peran sosial atau perhatiannya kepada masyarakat selama ini, selaku aktivis ataupun anggota DPRD,” imbuhnya.

Menurut Kamal, empat nama potensial calon wakil wali kota di atas, terutama Erlangga, berpeluang meningkatkan atau setidaknya mempertebal dukungan publik terhadap Sachrudin.

Meski elektabilitas personal Sachrudin saat survei dilakukan relatif dominan mencapai 50,2 persen, namun jelasnya, angka tersebut belum cukup aman. Hal itu karena dilihat berdasarkan modal strong supporter, baru 29,5 persen yang dukungannya ajeg.

“Artinya, ada 20,7 persen pendukung Sachrudin yang mungkin mengubah arah dukungan (swing voters),” tegasnya.

Ia menambahkan, pergerakan dukungan dalam beberapa waktu ke depan sangat mungkin terjadi, terlebih dengan terbentuknya poros koalisi Gerindra baru-baru ini.

Koalisi yang mengusung pasangan Faldo Maldini dan Fadlin Akbar tersebut akan membuat pergerakan politik atau kerja elektoral di akar rumput makin kencang, sehingga kemungkinan besar berpengaruh terhadap prefernsi pemilih.

“Maka perlu kehati-hatian dan kebijaksanaan bagi poros koalisi Golkar dalam menentukan pendamping Sachrudin,” tandas Kamal.

Diketahui Dimensi Research & Consulting, lembaga yang tergabung dalam Perkumpulan Survei Opini Publik Indonesia atau PERSEPI, baru-baru ini melakukan survei preferensi pemilih pada Pilkada Kota Tangerang 2024. Survei dilaksanakan pada tanggal 3-8 Juni 2024 dengan mewawancarai 440 responden yang berumur 17 tahun atau lebih atau yang sudah menikah. Sampel dipilih secara acak bertingkat (multistage random sampling) dan terdistribusi secara proporsional di seluruh wilayah populasi Kota Tangerang. Diperkirakan margin of error plus minus 4,8% pada tingkat kepercayaan 95%.

Laporan: BGS