TUTUP IKLAN
Kota Tangerang Selatan

Ketua DPRD Janji Bakal Awasi Pertanggungjawaban APBD 2023 dalam Pelaksanaan RPJMD Ben-Pilar

23
×

Ketua DPRD Janji Bakal Awasi Pertanggungjawaban APBD 2023 dalam Pelaksanaan RPJMD Ben-Pilar

Sebarkan artikel ini

Tangerang Selatan – Ketua DPRD Tangerang Selatan (Tangsel), Abdul Rasyid, mengungkapkan hasil dari pandangan umum Fraksi-Fraksi DPRD Tangsel terhadap penyampaian Walikota Tangerang Selatan (Tangsel) tentang Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2023 Masa Sidang II Tahun 2023/2024.

Ocil panggilan akrab dari Abdul Rasyid pun mengatakan bahwa Rapat Paripurna kali ini diselenggarakan pada hari (6/6/24) di ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Tangerang Selatan, merupakan tahapan menuju ketentuan peraturan perundang-undangan.

BERITA INI DI SUPPORT OLEH

“Yang pertama tentunya ini sebuah tahapan menjelang ketentuan peraturan perundang-undangan, lalu nanti ada laporan pertanggungjawaban,” kata Ocil, ditulis Minggu, (9/6/2024).

“Sebelumnya dilakukan tahapan pertama yakni penyampaian Walikota sudah kita lakukan, kemudian dari penyampaian itu maka tahapan selanjutnya, pada hari ini, adalah pandangan-pandangan umum Fraksi, maka pandangan-pandangan ini akan dijawab oleh Walikota pada hari Selasa depan dan dilanjutkan kepada pembahasan dengan Badan Anggaran,” sambungnya.

Ia juga menuturkan perihal pertanggungjawaban seperti apa yang menjadi fokus dari DPRD kepada Pemerintah Kota (Pemkot). Hal itu didasari oleh raihan WTP.

“Kita mengacu kepada raihan WTP, sederhana buat kita, kita juga melihat dari seluruh perencanaan Pemkot dalam satu tahun, di tahun 2023, kemudian nanti kita coba lihat dari sisi pelaksanaannya, apakah pelaksanaannya ini masih ada hal yang perlu kita cermati.

“Tak lupa kita akan evaluasi, dan evaluasi ini tentunya menjadi ‘feedback’ untuk rekomendasi pelaksanaan di tahun 2024,” ujarnya.

Kemudian, Ocil berbicara soal tugas dan fungsi yang dirasa belum selesai dari pertanggungjawaban Walikota dalam RPJMD.

“Tentunya nanti kita akan komparasi dengan sendirinya, seperti kita cermati bagaimana persoalan aset, bagaimana kita cermati dari sisi pelaksanaan program pembangunan, dan lain sebagainya. Tentunya nanti akan menjadi rekomendasi dari kita dan kita ingin juga memastikan tindak lanjut dari hasil rekomendasi,” jelasnya.

Bicara soal pertanggungjawaban program-program Pemkot diselaraskan dengan persoalan kekerasan anak yang sempat melanda Kota Tangsel, Ocil bilang akan dipertanyakan dan dibahas lebih lanjut.

“Ya memang ada beberapa kejadian yang sifatnya kasuistik terjadi dalam kurun waktu satu tahun ini, tentunya itu adalah bagian dari fungsi pengawasan yang kita lakukan dan itu pasti akan kita pertanyakan juga sehingga apa langkah-langkah yang akan dan sudah dilakukan oleh Pemkot berkaitan dengan kasus-kasus yang sedang terjadi, dan itu pasti kita akan lakukan pembahasan,” tukasnya.

Laporan: STW