TUTUP IKLAN
Editorial

Melihat Peluang Calon Legislatif Incumbent di Dapil IV Kabupaten Bandung Pada Pemilu 2024

306
×

Melihat Peluang Calon Legislatif Incumbent di Dapil IV Kabupaten Bandung Pada Pemilu 2024

Sebarkan artikel ini

Oleh : Hendriko Dwi Andra (Pimred Beritaraya.id)

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung pada Sabtu, (4/11) kemarin telah mengeluarkan Penetapan Daftar Calon Tetap (DCT) Calon Legislatif pemilihan anggota DPRD Kabupaten Bandung.

BERITA INI DI SUPPORT OLEH

Besarnya peluang menurut beberapa tokoh masyarakat bahwa Calon Legislatif (Caleg) Incumbent akan terpilih kembali dan meraih kursi DPRD Kabupaten Bandung untuk Dapil IV (Cicalengka, Nagreg, Cikancung, Rancaekek).

Ada enam Incumbent caleg di Dapil IV Kabupaten Bandung siap mempertahankan kursi mereka dalam Pemilihan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bandung pada Pemilu 2024 mendatang.

Keenam Incumbent tersebut telah mempersiapkan dirinya dan tim pemenangannya untuk kembali bertarung dalam Pemilu 2024 yang akan berlangsung pada tanggal 14 Februari 2024.

Caleg Incumbent yang akan menghadapi pemilihan sengit di Dapil IV Kabupaten Bandung, yakni dari Partai Golkar Dilar Rinaldi, S.Psi dan H. Cecep Suhendar, S.Pd., M.Si, dari PDI Perjuangan Mochammad Luthfi Hafiyyan, S.Pt, dari Gerindra Dedi Saepul Rohman, SH, dari PKS Maulana Fahmi serta dari PKB Acep Ana, S.Ag.

Dari 7 anggota DPRD Kabupaten Bandung dari Dapil IV, satu dari Partai Demokrat Yayat Sudayat tidak mencalonkan kembali pada Pemilu 2024 ini.

Mereka telah bekerja sebagai anggota DPRD Kabupaten Bandung periode 2019-2024, dan akan terus bekerja keras dalam mewakili kepentingan masyarakat di Dapil IV.

Sementara itu, calon-calon lain dari berbagai partai politik juga telah mulai intensif dalam sosialisasi dan membangun basis dukungan mereka di Dapil IV.

Seperti, Linda Herlina pada tahun 2019 lalu diusung Partai Golkar dengan peroleh suara yang cukup besar yakni 12.538 suara namun Partai Golkar hanya memperoleh 2 kursi.

Pada Pemilu 2024 ini, ia diusung oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan akankah dapat mengulangi kesuksesan peroleh suara yang cukup besar bersama PKB.

Atau caleg lain sebagai pendatang baru seperti Ujang Jumara, Teja Sungkawa, SH dari PKB, Veni Berlian dari Partai Nasdem, Wildan Solahudin caleg muda Partai Nasdem dan lainnya.

Dan ada juga nama H. Thony Fathony Muhammad, S.Ag dari PKS anggota DPRD Kabupaten Bandung periode 2014-2019 yang kembali ikut sebagai Caleg pada pemilu 2024 mendatang.

Persaingan yang akan diperkirakan berlangsung sangat ketat dalam Pemilu Legislatif 2024 untuk Dapil IV Kabupaten Bandung.

Semua caleg telah mempersiapkan diri dengan fokus utamanya seperti pembangunan infrastruktur, kesejahteraan masyarakat dan pemberdayaan ekonomi lokal.

Masyarakat Dapil IV Kabupaten Bandung meliputi Kecamatan Cicalengka, Kecamatan Nagreg, Kecamatan Cikancung dan Kecamatan Rancaekek mengharapkan Pemilihan Anggota DPRD Kabupaten Bandung kali ini akan menjadi arena demokrasi yang beragam.

Dengan banyaknya calon legislatif yang berkompeten bersaing untuk memenangkan hati masyarakat sebagai pemilih sehingga kombinasi enam Incumbent dan caleg lainnya memiliki peluang yang sama merebut 7 kursi DPRD Kabupaten Bandung untuk Dapil IV.

Sedikit flashback hasil perolehan suara Pemilu 2019, Dilar Rinaldi memperoleh 17.628 suara dengan Cikancung sebagai lumbung suaranya 10.745, Cecep Suhendar 16.025 suara dengan Rancaekek suara terbesarnya 12.376 suara, Moch. Luthfi Hafiyyan 9.359 suara dengan Cicalengka 6.096 suara.

Sangat menarik menantikan Pemilu 2024, siapakah Calon Legislatif yang akan berkompetisi memperebutkan 7 Kursi DPRD Kabupaten Bandung untuk Dapil IV.

Apakah 6 Incumebent ini akan melenggang mulus dan menyisakan 1 Kursi lagi, atau bagaimana?