TUTUP IKLAN
Kota Tangerang Selatan

Sepanjang Pemilu 2024 Kota Tangsel Tak Ada Temuan Politik Uang, Masa?

70
×

Sepanjang Pemilu 2024 Kota Tangsel Tak Ada Temuan Politik Uang, Masa?

Sebarkan artikel ini

Tangerang Selatan – Anggota Bawaslu Kota Tangerang Selatan, Apria Roles Saputro mengklaim pihaknya tidak menemukan adanya politik uang, sepanjang tahapan Pemilu 2024.

“Belom ada ini ya. Kami belum mendapatkan hal tersebut (politik uang). Temuan juga belum,” ujar Roles, kepada Tangerangraya.net, beberapa hari lalu, ditulis Senin, (19/2/2024).

BERITA INI DI SUPPORT OLEH

“Jika memang ada, kita akan sosialisasikan ke Gakumdu,” pungkas Roles.

Sebelumnya, Pengamat hukum, Andi Syafrani menekankan pentingnya lembaga penyelenggara Pemilu dalam menjaga etika dan moral, agar demokrasi tanpa uang dapat terwujud.

Pernyataan Andi tersebut, dalam konteks maraknya informasi politik uang, di hajat lima tahunan tersebut. Serta, lanjutnya, bagaimana peran Badan Pengawas Pemilu, dalam memberikan sanksi tegas terhadap perilaku politik uang.

“Temuan (Bawaslu) terkait politik uang masih tidak ada. Isu ini di lapangan sangat kuat. Harusnya Bawaslu bisa mengecek isu ini dan menangkap pelakunya di lapangan,” tegasnya.

Tantangan etis dan moral untuk “bisa menjadi pengawas ideal yang menegakkan aturan, bukan ikut mengompromikannya. Misalnya ikut mengamankan pelanggaran karena adanya pemberian dari peserta,” tambah Andi.

Menurut Andi, pelanggaran pemasangan alat peraga kampanye tidak terlalu berpengaruh terhadap langkah partai politik, atau Caleg untuk terus melenggang.

“Tapi yang besar pengaruhnya untuk memilih kan bukan APK, tapi uang. Masyarakat harus mengingat soal ini. Jangan memilih karena uang,” ungkap Andi.

Laporan: STW