TUTUP IKLAN
Kota TangerangTangerang Raya

Disbudpar Mencatat Kunjungan Wisatawan Kota Tangerang Sentuh Angka 7,5 Juta Jiwa

61
×

Disbudpar Mencatat Kunjungan Wisatawan Kota Tangerang Sentuh Angka 7,5 Juta Jiwa

Sebarkan artikel ini

Tangerang – Pemulihan ekonomi dan sektor lainnya pasca pandemi Covid-19 berdampak pada peningkatan kunjungan wisatawan ke Kota Tangerang. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) mencatat data Januari hingga akhir Juli, di 2023 ini kunjungan wisatawan ke Kota Tangerang mencapai 7.573.807 jiwa.

BERITA INI DI SUPPORT OLEH

Secara rinci, data tersebut terdiri dari wisatawan tamu hotel dan obyek wisata. Terinci, tamu hotel nusantara 665.686 jiwa, tamu hotel mancanegara 134.942 jiwa, dan wisatawan ke obyek wisata 6.773.179 jiwa. Data ini jauh melonjak dari tahun-tahun sebelumnya.

Kepala Disbudpar Kota Tangerang, Rizal Ridolloh mengungkapkan tingginya jumlah kunjungan wisatawan di Kota Tangerang dipengaruhi beberapa faktor. Diantaranya Kota Tangerang yang memiliki Bandara Soekarno-Hatta, puluhan hotel dengan beragam konsep penawaran, 17 taman tematik yang tak pernah sepi pengunjung, hingga wisata kuliner seperti Pasar Lama.

“Sedangkan faktor-faktor lainnya, terbanyak memang dalam kunjungan obyek wisata. Seperti Situ Cipondoh, Wisata Kano, Kolam Renang, Karaoke hingga pusat perbelanjaan seperti Tangcity Mall. Tak terkecuali sejumlah Festival yang sempat digelar Pemkot Tangerang,” ungkap Rizal, Selasa (29/8/23).

Ia pun menyatakan, jumlah wisatawan cukup berpengaruh pada tingginya angka okupansi hotel dan restoran, yang turut memberi andil dalam meningkatkan pendapatan asli daerah melalui sektor pajak.

“Salah satu tingginya okupansi hotel di Kota Tangerang juga disebabkan dengan kembali diizinkannya umrah ke tanah suci. Bedasarkan data yang kami punya angka hunian hotel di sekitar bandara cukup tinggi,” katanya.

Meski Kota Tangerang kerap dijadikan area persinggahan atau transit, Rizal menilai hal tersebut menjadi potensi untuk mempromosikan destinasi wisata yang ada.

“Makanya kami banyak menjalin kerjasama agar setiap tamu atau wisatawan yang singgah mendapatkan pelayanan dan pengalaman yang baik, saat bertandang ke Kota Tangerang. Semoga kemajuan kunjungan wisatawan ini dapat terus meningkat untuk kemajuan Kota Tangerang,” harapnya.

Laporan: Bgs